Pengaruh Pengalaman Magang, Prestasi Akademik, Imbalan Finansial, dan Persepsi Peluang Kerja terhadap Minat Berkarier sebagai Akuntan Publik

Authors

  • Anisa Aprilia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dyah Ratnawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/baj.v6i1.396

Keywords:

Pengalaman Magang, Penghargaan Finansial, Prestasi Akademik, Profesi Akuntan Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi preferensi karier mahasiswa akuntansi dalam memilih profesi akuntan publik. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan melibatkan 87 mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang telah menyelesaikan mata kuliah Audit 1 dan Audit 2 serta memiliki pengalaman magang. Sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dan teknik stratified random sampling untuk memastikan representasi yang seimbang dari populasi. Pengolahan data dilakukan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman magang, prestasi akademik, imbalan finansial yang diharapkan, serta persepsi terhadap peluang pasar kerja berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berkarier sebagai akuntan publik. Pengalaman langsung di dunia kerja melalui program magang memberikan gambaran nyata mengenai profesi tersebut dan meningkatkan ketertarikan mahasiswa. Prestasi akademik juga mencerminkan kesiapan dan kepercayaan diri untuk memasuki dunia profesional. Imbalan finansial menjadi salah satu pertimbangan penting dalam keputusan karier, sementara persepsi terhadap prospek kerja turut memperkuat keyakinan dalam memilih jalur profesi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya sinergi antara institusi pendidikan, dunia usaha, dan asosiasi profesi dalam merancang program pembelajaran dan pembekalan karier yang mampu meningkatkan minat mahasiswa terhadap profesi akuntan public.

 

This study aims to examine the factors that influence accounting students’ career preferences in choosing the profession of public accountant. A quantitative approach was employed, involving 87 accounting students from Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur who had completed Audit 1 and Audit 2 courses and had internship experience. The sample was determined using Slovin’s formula and stratified random sampling to ensure balanced representation. Data were analyzed using the Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS) approach. The findings reveal that internship experience, academic achievement, expected financial rewards, and perceptions of labor market opportunities significantly influence students’ interest in pursuing a career as a public accountant. Real-world exposure through internships provides practical insight into the profession and enhances students’ motivation. Academic performance reflects students’ preparedness and self-confidence in entering the professional world. Financial rewards serve as a key consideration in career decisions, while perceptions of job prospects reinforce students’ confidence in choosing the profession. These findings imply the importance of synergy among educational institutions, industry, and professional associations in designing academic and career preparation programs that foster students’ interest in the public accounting profession.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Anisa Aprilia, & Dyah Ratnawati. (2023). Pengaruh Pengalaman Magang, Prestasi Akademik, Imbalan Finansial, dan Persepsi Peluang Kerja terhadap Minat Berkarier sebagai Akuntan Publik. BAJ: Behavioral Accounting Journal, 6(1), 48–62. https://doi.org/10.33005/baj.v6i1.396

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.